Jumat, 20 Juli 2012

Merencanakan dan Memilih Plafon Rumah

Plafon dalam rumah berguna untuk meletakkan bidang pandang pada ruang secara 3 dimensi, sehingga tampilan ruangan akan terlihat cantik dan indah.  
Saat ini Plafon dari bahan gypsum merupakan bahan paling populer dan telah menggusur penggunaan material plafon dari kayu,asbes dan triplek.  Dengan bahan gypsum plafon akan terlihat rapi tidak kelihatan adanya sambungan sehingga lebih menarik. Dari sisi harga memang lebih mahal dari triplek dengan ketebalan 3 mm.  Keunggulan plafon gypsum adalah banyak model dan ornamen yang bisa kita pilih, baik dari ornamen lisplang, ornamen Tengah untuk penempatan lampu, ornamen sudut dan masih banyak lagi. 
Sedangkan kelemahan plafon gypsum adalah kerentanan terhadap air yang akan menghasilkan noda pada permukaan plafon sama seperti tripleks. Namun jangan kuatir, perbaikan untuk plafon gypsum mudah dilakukan.


Selain plafon gypsum ada juga plafon dari bahan fibersemen, dengan ukuran panjang lebarnya sama dengan triplek yaitu 1,2 x 2,4 meter dengan ketebalan 4mm.Fiber semen atau GRC Board dibuat dari campuran gipsum, semen, pasir, dan serat ( fiber) sehingga lebih kuat dan keras. Adanya bahan-bahan campuran tadi membuat fibersemen lebih berat dibanding Gypsum ataupun triplek.  Keunggulan bahan fibersemen adalah tahan terhadap air sehingga noda tidak mudah muncul. 
Untuk metode pemasangannya sama dengan plafon gypsum memakai dempul dan plester kertas.  Jika dilihat harga yang lebih murah dari gypsum, memilih plafon fibersemen merupakan pilihan "best buy" karena lebih awet dan untuk ornamen bisa dicampur dengan bahan gypsum.

1 komentar:

Adminai mengatakan...

Apakah ada artikel perbandingan ketebalan fiber semen?
Maksudnya, apakah dengan ketebalan 4mm layak dijadikan sebagai penutup atap? Sehingga tidak perlu tambahan material plafon atap lain.
Terim kasih

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes