Sabtu, 27 April 2013

RUMAH TRADISONAL JAWA JOGLO LIMASAN

Rumah tradisional Jawa merupakan salah satu kekayaan arsitektural indonesia yang perlu kita lestarikan. Ada beberapa tipe rumah dalam desain tradisional jawa yang sangat sesuai dengan alam tropis.  Arsitektur tradisional jawa ini adalah hasil olah seni para leluhur, yang juga  merefleksikan nilai dan norma masyarakat Jawa yang penuh dengan simbolisme.  Pada eranya rumah joglo hanya dimiliki oleh orang orang kaya dan para pejabat atau para priyayi jawa saja. 
Desain rumah tradisional ini punya nilai tersendir dari sisi pelestarian budaya dan daya tarik karena sudah mulai langka.  Dari sisi atapnya dikenal 3 tipe dasar rumah tradisional Jawa  yaitu :
1. Joglo
2. Limasan
3. Kampung
desain atap rumah tradisional jawa joglo
 Limasan berasal dari kata "lima-lasan" ( limabelas) yakni perhitungan sederhana ukuran "molo" 3 meter dan "blandar" 5 meter. Akan tetapi bila molo 10 meter, maka blandar harus memakai ukuran 15 meter = bahasa Jawa limalasan (Lima belasan).

Bagian-bagian Ruah tradisional Jawa yaitu :
  1. pendapa.
  2. pringgitan.
  3. dalem.
  4. sentong.
  5. gandok tengen.
  6. gandok kiwo.
Bagian pendapa adalah bagian paling depan yang mempunyai ruangan luas tanpa sekat-sekat, biasanya digunakan sebagai tempat pertemuan untuk acara besar bagi penghuninya.Seperti acara pagelaran wayang kulit,tari,gamelan dan yang lain.Pada waktu ada acara syukuran biasanya sebagai tempat tamu besar. Pendopo biasanya terdapat soko guru,soko pengerek,tumpang sari.
Bagian Pringgitan adalah bagian penghubung antara pendopo dan rumah dalem.Bagian ini dengan pendopo biasanya di batasi dengan seketsel dan dengan dalem dibatasi dengan gebyok.Fungsi bagian pringgitan biasanya sebagai ruang tamu.
Bagian Dalem adalah bagian tempat bersantai keluarga. Bagian ruangan yang bersifat lebih privasi.

Seiring perkembangan jaman sebagian pemilik rumah joglo mendesain ulang rumah joglonya untuk keperluan tempat tinggal yang lebih dinamis dan modern namun tidak meninggalkan filosofinya tradisi rumah joglo tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes