Rabu, 27 Juni 2012

Tips Menanam Pohon di Pekarangan Rumah bantu Cegah Global Warming

Lingkungan perkotaan yang semakin padat membuat halaman dipersempit untuk kebutuha bangunan. Di era global warming seperti sekarang ini dianjurkan untuk menanam pohon di rumah-rumah.  Nah lahan yang sempit bukan berarti kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk mengatasi perubahan iklim ini. walaupun cuma satu pohon namun dampak secara global sangat berarti.

Pohon yang sesuai untuk halaman perumahan di perkotaan dengan lahan sempit antara lain:

1. Pohon Tanjung , meskipun batang yang tidak terlalu besar dan belum terlalu tinggi,  namun sangat rindang dengan tajuk luas dan tumbuh secara simetris. Daun tidak mudah rontok, Ranting tidak terlalu besar dan tidak mudah patah. Pohon ini bisa mencapai tinggi 15 meter, meskipun sangat jarang ditemui. Berbeda dengan pohon angsana, mahoni, beringin yang bisa mencapai tinggi 30-40 meter, jadi sangat sesuai ditanam di halaman perumahan yang kecil.  Dan yang penting perakarannya tidak merusak fondasi rumah anda. 
2. Pohon Kiara Payung yang mempunyai nama ilmiah Fellicium Decipiens, adalah pohon tropis yang berasal dari Afrika Timur dan India Selatan. Meskipun tergolong pohon tropis, orang-orang di luar negeri biasa menyebutnya sebagai Japanese Fern Tree.
 
3. Pohon Mangga, Pohon ini paling banyak ditanam di komplek perumahan karena dapat tumbuh dengan cepat, rimbun, buah bisa dimakan, akar ke dalam tanah, tidak kepermukaan yang dapat merusak lantai dan tembok. Pohon ini umumnya mempunyai tinggi 4-10 meter  karena ditanam dari cangkokan bukan dari biji. Sebenarnya pohon ini bisa tinggi 10-40 meter dengan lebar batang yang cukup besar. Pada saat pertumbuhan, perlu bagi anda untuk memangkas beberapa ranting karena pertumbuhan mereka tidak simetris dan perlu diatur. Beberapa jenis pohon mangga seperti harum manis memiliki sedikit ranting-ranting kecil (kurang rimbun), karena cabangnya sedikit namun tumbuh terus sehingga kadang pertumbuhan cabang melengkung dan turun ke bawah karena tidak kuat menahan beban, apalagi saat berbuah.  
4. Pohon Jambu air (Syzygium aquenum) atau orang barat biasa menyebutnya sebagai Water Apple. Pohon Jambu adalah pohon spesies asli Asia Tenggara. Pohon ini adalah pilihan yang baik sebagai tanaman peneduh di halaman rumah anda
5. Pohon Rambutan pohon ini tidak terlalu tinggi namun tajuknya rimbun dan menghasilkan buah yang berwarna merah dan bisa dimakan. Saat berbuah tentu akan menambah semarak halaman rumah anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes