Selasa, 14 Mei 2013

MENEMPATKAN TANAMAN DALAM RUANGAN RUMAH

Menempatkan tanaman hidup sebagai bagian dari interior rumah merupakan cara yang banyak dipakai orang untuk membuat suasana rumah lebih sejuk dan asri.   Untuk tanaman indoor ini banyak pilihan yang bisa kita dapatkan. Mulai dari yang berukuran kecil hingga besar, tergantung kebutuhan anda dan bagaimana luas ruangan anda.   Hal yang paling mudah tentu saja menempatkan sebuah tanaman meja dalam pot kecil.

Sesuaikan Tema Ruangan
Untuk rumah dengan tema tertentu, pemilihan tanaman baiknya disesuaikan dengan tema rumah anda. Dalam desain interior, berbagai elemen yang terdapat dalam sebuah ruang yang bertema sebaiknya selaras dan saling mendukung tema ruangan tersebut.  Sehingga tanaman yang anda tempatkan pada sudut ruang misalnya, akan menjadi  pendukung untuk mengentalkan sebuah gaya/tema ruangan. Misalnya rumah bergaya Mediteran akan baik sekali jika ditambahkan dengan Palem dalam pot misalnya.

Luas Ruangan
Namun, harus Anda pastikan bahwa ukuran tanaman sesuai skala ukuran ruangan sehingga tidak terlihat terlalu mendominasi, karena hal ini justru dapat merusak tatanan ruang secara keseluruhan. Jika ruangan bergaya oriental yang banyak menggunakan ornamen keramik bermotif khas China atau Jepang, pohon bonsai di salah satu sudut ruangan akan memberi atmosfer oriental semakin kental.

Pilih Pot Yang Unik dan Cantik
Agar terlihat semakin cantik, Anda bisa menggunakan pot yang menarik dan memiliki motif atau desain selaras dengan bentuk bonsai. Sementara itu, bunga mawar berwarna merah identik dengan penataan ruang bergaya klasik. Warna merahnya yang berani menambah kesan dramatis dalam sebuah ruangan dengan ornamen ukiran dan kayu.

Minimalis Cantik
Di satu sisi, gaya modern kini banyak digemari dan lebih menonjolkan kesan minimal, tetapi cantik. Gaya ini juga mampu dikentalkan dengan kehadiran tanaman. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya menggunakan beberapa ranting kayu dalam sebuah pot tinggi yang memiliki warna selaras dengan nuansa warna dalam ruangan. Jika Anda ingin memberi sentuhan lain, gunakan beberapa jenis dedaunan berwarna putih dengan ukuran tidak terlalu besar sebagai aksen.

Etnik
Untuk menekankan gaya tradisional atau etnik di rumah, beberapa kuntum bunga anggrek bulan berwarna putih bisa disandingkan dengan ornamen etnik lainnya di rumah Anda. Warna putih ini pun bisa memberi aksentuasi pada ruangan bergaya etnik, yang umumnya banyak didominasi warna cokelat kayu atau gelap.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes