Jumat, 21 September 2012

Perindah Taman Dengan Pucuk Merah

Trend tanaman pucuk merah saat ini lagi naik, dan banyak diburu oleh pecinta tanaman untuk menghias taman.  Tanaman pucuk merah atau nama ilmiahnya Syzigium oleina termasuk dalam keluarga jambu-jambuan.  Merupakan pohon berukuran sedang yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 -30 m.Yang menarik dari tanaman ini adalah warna daunnya saat masih muda berwarna merah, sehingga kemudian disebut dengan pucuk merah. 
Pucuk merah membutuhkan sinar matahari cukup, kalau tidak maka pucuknya tidak akan berwarna merah seperti yang diinginkan. Tanaman ini mudah dipelihara, mudah dibentuk dengan pemangkasan teratur. 
Pucuk merah yang pada umumnya dapat tumbuh sebagai pohon yang cukup besar, maka sebaiknya tanaman ini tidak ditempatkan didalam pot. Selain itu hal terpenting yang harus dilakukan dalam merawat tanaman pucuk merah agar tetap terlihat indah adalah proses pemangkasan yang seharusnya dilakukan paling lambat dalam waktu 1 bulan sekali.
Daun yang sudah tua dalam waktu 2 minggu sekali sebaiknya dibuang. Agar muncul pucuk-pucuk baru yang berwarna merah, sehingga akan menghasilkan tanaman yang tetap terlihat indah.
Merawat pucuk merah juga termasuk membasmi penyakit dan hama. Salah satu hama yang sering mengganggu tanaman ini adalah ulat coklat. Untuk mengatasinya, maka Anda dapat menggunakan suprasit. Selain itu jangan lupa juga untuk memberi pupuk agar tanaman dapat tumbuh secara baik dan sehat. Berilah pupuk N-P-K yang seimbang. Lakukanlah pemupukan tanaman setiap dua bulan sekali.  Penyiraman pucuk merah perlu dilakukan setiap hari jika tidak hujan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes