Jumat, 03 Februari 2012

Perabot Dari Batang Kelapa yang estetis

Hampir di semua wilayah di Indonesia banya diketemukan pohon kelapa kecuali di daerah dataran tinggi di atas 800 mdpl tidak ada pohon kelapa yang mau tumbuh. Sejak lama batang kelapa sudah dijadikan pengganti kayu misalnya untuk reng dan soko. Namun untuk pemanfaatan sebagai meubel atau perabot rumah tangga lainnya masih sangat kurang.

Batang kelapa memiliki sifat bervariasi dan mencolok, mulai dari bagian luar batang ke arah bagian dalam, dan dari bagian pangkal batang hingga ke arah ujung, serta pangkal batang yang pada umumnya memiliki sifat kekuatan dan keawetan, sangat bagus untuk dijadikan penyangga pada bangunan.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengolah kayu dari pohon kelapa, yang dibutuhkan hanyalah penanganan yang benar. Pengembangan batang kelapa akan berhasil dengan baik jika pohon kelapa yang sudah ditebang dikeluarkan dari kebun.

Jika tidak dikeluarkan dari kebun akan menjadi sarang kumbang. Dengan pengolahan yang benar, batang kelapa akan menghasilkan kayu yang bisa bersaing dengan beberapa kayu untuk bangunan.

Berat jenis bagian luar batang kelapa juga lebih besar dari berat jenis kayu lain seperti meranti merah, sedangkan bagian dalam batang kelapa berat jenisnya lebih kecil, atau bagian dalam batang kelapa ini setara dengan kayu jelutung atau terentang. Batang kelapa bagian pangkal batang kekuatannya dapat disamakan dengan kayu balau, kempas atau sonokeling.

Ditambahkan, batang kelapa juga mudah digergaji, apalagi ketika masih segar (basah). Kayu kelapa juga tahan terhadap serangan rayap. Tanpa pengawetan, batang kayu kelapa akan tahan cukup lama bila dilindungi dari pengaruh cuaca.

Batang kelapa bisa dijadikan sebagai pengganti kayu, yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan, perabot rumah tangga, alat perkakas, barang kerajinan, dan sumber energi yang berupa arang. Di samping itu, batang kelapa juga memiliki nilai estetika yang unik.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

perkenalkan kami Glugu wood art, umkm yang bergerak dalam bidang pembuatan furniture khusus kayu kelapa. anda punya desain apapun tentang meubel, interior, eksterior kami siap membuatkan khusus kayu kelapa. silahkan ketik glugu wood art di mesin pencarian google untuk melihat aneka produk kami, terimakasih
contac : ariyudiyanta@yahoo.co.id
web: http://www.gluguwoodart.blogspot.com
phone :089607772342
terimakasih

Unknown mengatakan...

Mohon saran.. saya sdg merencanakan membuat cafe minimilasi dari batang kelapa : pilar, dinding & perabotnya..
Apa alat2 yg sediakan..tks

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes