Jumat, 02 Maret 2012

Berikan Nuansa Teras Rumah Dengan Tanaman Hias

Ketika ada tamu datang ke rumah kita, tentu saja apreisasi pertama yang dilihat adalah teras rumah kita. Karena itulah banyak dari kita berusaha menata teras agar tampil secantik mungkin. Untuk mempercantik teras rumah kita , yang termuah adalah dengan menata berbagai tanaman hias untuk membuat nuansa teras menjadi sejuk dan hijau.


Teras mempunyai peran penting dalam sebuah rumah di lingkungan beriklim tropis seperti Indonesia. Teras tidak hanya berfungsi menghalau panas terik matahari. Di kala hujan, teras juga berfungsi menahan percikan air agar tidak masuk ke dalam rumah.

Namun, elemen bangunan rumah ini akan tampak gersang bila tidak ada tanaman hias. Rumah pun menjadi terkesan panas. Nah, untuk mempercantik teras, tidak ada salahnya berburu tanaman hias.
Teras Rumah Dengan Tanaman Hias
Untuk tanaman gantung, bisa dipilih Stapelia gigantia. Tanaman yang mirip kaktus ini bisa digantung di sisi luar teras. “Tanaman ini cukup tahan panas.Cukup Rp50 ribu, tanaman ini sudah bisa dibawa pulang untuk mempercantik teras rumah kita.

Menjangan mini, yang terlihat manis dipajang di pot gantung. Tanaman ini biasanya ditempel di pohon tapi bisa dilakukan inovasi dengan menempatkannya di dalam pot gantung. Media tanamnya terdiri atas pakis yang dicampur dengan pupuk kandang. Menjangan mini tersebut biasa seharga Rp100 ribu.

Tanaman gantung lain adalah tilansia alias janggut putih. Banyak orang menyebutnya Janggut Nabi Ibrahim. Bentuknya memang mirip janggut. Uniknya, tanaman ini tidak memerlukan media tanam. Cukup diikat pada kawat bulat yang diberi gantungan. Perawatannya juga mudah, cukup disemprot dengan air, tanaman ini akan tumbuh subur. Makin lama, janggutnya akan memanjang dan menjuntai ke bawah.

Tanaman ini cukup menarik perhatian karena memang jarang ada yang punya. Meskipun begitu, harganya relatif murah. Nanang menawarkannya seharga Rp30 ribu. Si janggut putih ini sangat menyukai air. Kalau perlu bisa disemprot dengan air pada saat terik matahari menyengat.

Ketiga jenis tanaman tersebut bisa menambah koleksi tanaman gantung di teras rumah, apalagi tidak banyak jenis tanaman gantung yang bisa ditemukan di Jakarta. Biasanya, hanya sirih gading dan aneka sirih yang banyak beredar.
Selain tanaman gantung, banyak juga koleksi tanaman pot yang bisa dipilih untuk mempercantik teras. Selain begonia polkadot, ada aristolochia labiata. Tanaman berdaun lebar agak bulat ini memiliki bunga yang cantik. Warna bunganya cokelat dan berbentuk seperti kantung semar. Tanaman ini ditawarkan seharga Rp50 ribu.
Jangan lupa ligularia. Tanaman hias dengan daun seperti waru dan bercak-bercak putih ini juga menarik untuk dikoleksi. Harganya relatif murah, mulai Rp15 ribu hingga Rp50 ribu, tergantung besar-kecilnya pot.

Untuk memberi kesan mewah pada teras, sejumlah aglaonema juga layak dikoleksi. Ada beragam jenis aglaonema yang bisa dipilih. Misalnya, aglaonema Kresna koleksi Naida Nursery yang ditawarkan seharga Rp600 ribu.

Ada juga aglaonema Roro Mendut dengan daunn cantik yang dijual seharga Rp600 ribu pula. Aglaonema Widuri, yang banyak dicari, pun ada di sana. Belum aglaonema Black Sumatera dengan daun hijau kehitaman dan urat merah.
Meskipun agak langka, harganya relatif terjangkau, hanya Rp60 ribu.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

bisa beri contoh disain teras yang cantik?

Anonim mengatakan...

Tanaman hias sangat bagus untuk tampil di teras rumah. Teras dengan adanya meja dari tanah liat juga sangat menarik. Ada contohnya seperti dimuat dalam http://bit.ly/MMDzM2 . Meja tanah liatnya pun memiliki multifungsi yang menarik untuk digunakan.

Unknown mengatakan...

kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes